Cegah Kanker dengan Konsumsi Udang Tanpa Repot

Apa yang kita pikirkan saat mendengar kata kanker? Penyakit mematikan langsung terlintas dipikiran begitu kata kanker terdengar. Kanker memang penyakit yang dapat menimpa semua orang tanpa melihat usia. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah kanker. Salah satunya yaitu dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari khususnya udang.

Untuk mencegah suatu penyakit, penting bagi kita agar terlebih dahulu mengetahui apa penyebab penyakit tersebut. Dewasa ini bagi kita yang tinggal di daerah perkotaan memiliki kemungkinan yang lebih besar terkena kanker. Mengapa? Sebab daerah perkotaan memiliki kadar radikal bebas yang tinggi. Perlu kita ketahui kalau radikal bebas adalah pemicu utama timbulnya penyakit kanker. 

Apa itu radikal bebas? 
Radikal bebas dapat berasal dari radiasi matahari, sinar X, peptisida dan yang paling tinggi berasal dari polusi udara, baik yang ditimbulkan oleh asap kendaraan maupun asap rokok. Wah bahaya sekali ya bagi kita yang tinggal di kota terutama Jakarta, dimana tingkat polusi udara mencapai 80%. Singkatnya, radikal bebas ini adalah molekul elektron yang jomblo alias nggak punya pasangan. Dalam rangka mencari pasangannya, radikal bebas dapat mengambil elektron dari sel tubuh manusia. Celakanya hal ini dapat menyebabkan perubahan struktur DNA sehingga menimbulkan sel-sel mutan. Dalam jangka panjang, pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh inilah yang dapat berubah menjadi kanker. Selain itu juga dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan alzeimer.

Bagaimana menangkal radikal bebas?
Namun nggak perlu khawatir, sebab radikal bebas dapat kita lawan dengan anti oksidan yang berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Vitamin C, Vitamin E dan Selenium termasuk dalam kategori antioksidan yang paling populer, bila ketiganya bersinergis maka akan bekerja sebagai penangkal radikal bebas yang paling efektif. Dan kabar baiknya adalah, ternyata ketiga antioksidan tersebut dapat kita temukan didalam udang, lho!

Khasiat Udang 
100gr udang mengandung 54% kebutuhan harian selenium yang diperlukan tubuh. Penelitian dari Institute of Food Research (IFR) menyatakan bahwa kombinasi sulforaphane dan selenium dapat meningkatkan daya tahan tubuh akan kanker sebesar 13 kali lipat. Sayuran yang kaya akan suforaphane antara lain brokoli dan kubis. Selain itu, pertumbuhan sel kanker prostat dapat diperlambat dengan memenuhi kebutuhan zinc dalam tubuh, yakni sekitar 10-15mg perhari. Kandungan protein udang termasuk dalam "complete protein" karena asam amino yang tinggi untuk metabolisme tubuh, 100 gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %. Bukan itu saja, selain kaya akan sumber vitamin dan mineral, sama seperti hidangan laut lainnya, udang tentu kaya akan omega-3 dan omega-6 yang baik untuk pertumbuhan otak serta omega-9 untuk mengurangi kolestrol jenuh dalam darah.

Bagi pecinta seafood, mengkonsumsi udang merupakan suatu kecintaan. Tapi masalahnya adalah kita seringkali merasa malas bila harus mengelola udang sendiri. Sebab dari proses memilih udang yang segar hingga mengelolanya sampai siap disajikan memakan waktu yang lama. Persoalan ini kerap terjadi pada kita masyarakat perkotaan yang sibuk bekerja dan memiliki banyak aktifitas. Jangankan untuk memperhatikan kandungan antioksidan, pola makan pun nggak teratur bahkan bisa sampai lupa sarapan. Pola makan yang tidak sehat ini juga dapat menyebabkan penyakit. Akhirnya, makanan cepat saji pun menjadi alternatif. Padahal pada makanan cepat saji, nutrisi yang diperlukan untuk tubuh sangatlah rendah.

Makanan Cepat Saji Bernutrisi

Tapi kini Golden Fiesta Seafood yang terkenal dengan berbagai produk makanan cepat sajinya, membawa angin segar bagi kita yang mendambakan makanan cepat saji namun bernutrisi serta kaya antioksidan, dengan produk barunya yaitu Wonton Shrimp Soup alias pangsit udang. Golden Fiesta Seafood adalah salah satu produk makanan olahan dari PT. Central Proteina Prima (CP Prima), yang merupakan sebuah perusahaan integrasi aquacultured dan penghasil udang (Vannamei) terbesar di Indonesia.



Kesegaran Wonton Shrimp Soup sangat terjaga dengan teknologi pengemasan beku


PT. CP Prima sudah berpengalaman selama 35 tahun dalam bidang pengolahan produk makanan laut dengan teknologi pengemasan beku, dipasarkan dibawah nama brand Fiesta, Champ dan produk lainnya yang meliputi udang beku, pakan udang dan probiotik. Hasil produk PT. CP Prima berasal dari tambak udang bermutu tinggi yang telah mendapatkan sertifikasi internasional dari British Retailers Consortium (BRC) selain itu gelar Best Aquaculture Practice juga dinobatkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Aquaculture Certification Council standar US, dan GlobalGAP untuk standar Eropa. Produk PT. CP Prima diexpor ke tiga pasar utama dunia yaitu Amerika, Eropa dan Jepang. Maka dari itu walaupun termasuk makanan cepat saji didalam kemasan, kita nggak perlu meragukan kualitas udang yang terdapat didalam Wonton Shrimp Soup.



Terdapat dua varian Wonton Shrimp Soup.  Tiga pangsit dengan mie seperti diatas dan lima pangsit tanpa mie.
Wonton Shrimp Soup ini merupakan pangsit udang cepat saji pertama di Indonesia. Mengapa pangsit? Karena pangsit merupakan makanan lintas budaya yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Cara penyajian Wonton Shrimp Soup sangat praktis. Cukup tuangkan air sebanyak 250cc ke dalam wonton lalu panaskan di dalam microwave selama 3menit. 
Bila tidak memiliki microwave dirumah kita tidak perlu bingung, cukup rebus wonton beserta bumbu didalam air mendidih sebanyak 250cc selama 1 menit 40 detik, dan tuangkan lagi kedalam mangkuk. Praktis sekali sebagai sarapan maupun menu pendamping makanan yang berkuah. Dan untuk menjaga kesegaran daging udang, pastikan wonton shrimp soup tidak berada diluar freezer selama lebih dari 3 jam ya.

 
Sesuai dengan namanya Wonton Shrimp Soup, daging udang utuh dalam kulit pangsit yang lembut menjadi daya tarik yang menggugah selera. Bumbu kuah terasa gurih dan pas dinikmati bersama wonton udang. Tema "Wontonivora" pun diangkat untuk menyambut makanan praktis namun tetap bergizi tinggi ini. Harapannya agar kita masyarakat perkotaan sadar akan pentingnya asupan makanan yang bergizi ditengah keseharian kita yang sibuk. Apalagi daging udang utuh didalam wonton sangat bernutrisi dan dapat melawan radikal bebas penyebab kanker. So, are you ready to be Wontonivora!?



Wonton Shrimp Soup sebagai menu sarapan si kecil, praktis untuk Ibu yang sibuk bekerja.

Si kecil pun senang makan Wonton Shrimp Soup.
"I am wontonivora, are you?"


Oleh : Maria Margaretha Del VieraFoto : Dok. Pribadi

You Might Also Like

0 komentar