4 Cara Menghadapi Rasa Cemas

Banyak hal yang dapat membuat diri kita merasa cemas, seperti saat menghadapi ujian sampai urusan pacaran. Tak jarang perasaan cemas itu membuat kita stress bahkan sampai jatuh sakit. Menurut penelitian 45% dari kita yang merasa cemas pada akhirnya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Makanya berikut ini 4 cara untuk menghadapi rasa cemas agar kita tetap sehat.

Positive Thinking
Kekuatan terbesar dalam diri manusia itu terdapat pada pikiran. Apa yang kita pikirkan terus menerus itulah yang akan menjadi kenyataan. Perasaan cemas biasanya dipicu karena pikiran yang negatif. Maka itu biasakan selalu berpikir positif ya, lihatlah suatu hal dari sisi baiknya. Jika kita selalu berpikiran positif maka tidak akan ada ruang tersisa untuk memikirkan hal-hal buruk. Jangan biarkan rasa cemas menguasai pikiran kita ya!

Lakukan Kegiatan yang Kita Sukai
Don’t worry be happy! Saat kita melakukan sesuatu yang membuat kita enjoy, otomatis kita akan melupakan hal-hal yang membuat diri kita cemas. Menurut banyak penelitian, melakukan hobby seperti berolah raga, membaca ataupun mendengarkan musik dapat mengurangi rasa stress loh. Maka itu lakukanlah kegiatan yang disukai secara rutin.

Kumpul Bersama Teman
Bila merasa cemas terus-terusan jangan dijadikan beban pikiran sendirian ya. Let’s talk about it. Tidak ada salahnya bila kita membicarakan hal yang mengganggu pikiran bersama teman-teman di tempat hang out favorite. Selain dapat memberikan rasa lega, masukan dari teman juga dapat memberikan solusi. Berbagi pikiran terbukti membuat kita jauh lebih tenang.

Menerima Ketidakpastian
Kita sering merasa cemas karena takut hal yang sudah direncanakan tidak berjalan sesuai harapan. Tak perlu khawatir, ingatlah bahwa “satu-satunya hal yang pasti di dunia ini adalah ketidakpastian,” – Albert Einstein. Bila kita sudah menerima ketidakpastian tersebut maka kita akan jadi lebih siap dalam menghadapi segala hambatan yang muncul tiba-tiba, sedangkan rasa cemas hanya akan membuat kita mudah panik.

Oleh: Maria Margaretha Del Viera
Foto: http://ignitechurch.com/
Btw, ini nggak di publish di website GADIS yaa.. cuma bikinnya pas magang. :D

You Might Also Like

0 komentar